Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Orbird untuk semua jenis Burung Kicau

Apapun jenis burung ada, peliharaan, burung kicau, burung lomba, Orbird akan membantu menjaga kesehatan dan kualitas burung anda. Coba dan Buktikan!!!

Mengapa Harus Beralih ke Nutrisi Burung Kicau "Orbird"

Terbuat 100% dari bahan alami, Mengandung Probiotik, Madu, rempah-rempah, Bebas Kimia, anti VIRUS, dan Ramah Lingkungan

Sembuhkan berbagai penyakit Burung dengan ORBIRD

Ada saatnya Burung Kicau terserang penyakit dan bahkan bisa menyebabkan kematian, Jangan khawatir serahkan semua kepada Orbird untuk mengatasinya.

Ribuan Pecinta Burung telah Merasakan Khasiat ORBIRD

Saatnya Beralih ke Produk unggulan, Nutrisi Burung Juara ORBIRd "TAK TERDANDINGI"

Menjaga Burung Kicau Kesayangan pada Musim Hujan/Dingin Tetap Sehat dan Gacor

Beberapa hari yang lalu melihat beberapa postingan dari teman-teman penghobby burung kicau baik dari berbagai jenis burung yang mengeluhkan begitu mengkhawatirkan burung nya terkena penyakit, sehingga bisa menyebabkan kematian karena cuaca musim hujan pada bulan-bulan ini sangat ekstrim. Ada juga salah satu teman kicau yang memposting salah satu kenari kesayangannya mati karena cuaca hujan/dingin yang ekstrim ini. Maka kita sebagai penghobby burung kicau perlu mempersiapkan sejak dini agar burung kesayangan kita bisa tetap sehat dalam musim hujan yang cukup ekstrim ini.
Saat memasuki musim hujan, burung kicau yang biasanya berkicau dengan merdu akan mendadak drop dan turunstaminanya karena cuaca yang kurang bersahabat, suara burung  menjadi serak bahkan tidak terdengar lagi ocehannya. Bahkan kadang juga bisa menyebabkan burung terkena penyakit seperti diare, snot dll dan akhirnya jika tidak hati-hati dalam merawat dan terlalu banyaknya obat-obat kimia yang kita gunakan pada burung bisa menyebabkan kematian pada burung.

Jika tidak hati-hati bisa menyebabkan kematian burung.
Apalagi perubahan iklim global memang menyebabkan cuaca pada musim hujan dalam sepuluh tahun terakhir ini agak berbeda dari beberapa puluh tahun sebelumnya. Kita sering merasakan cuaca yang sangat panas, namun mendadak turun hujan disertai angin kencang dan udara yang dingin. Kita saja sebagai manusia saja merasakan begitu ekstrimnya cuaca kali ini, apalagi burung yang memiliki sifat hewan berdarah panas.
Tapi yang perlu dilakukan adalah menghindari burung dari terpaan angin secara langsung, baik melalui lubang ventilasi, pintu, maupun kipas angin secara langsung. Sebab hal ini akan membuat burung mudah stres, terlebih jika cuaca dingin saat hujan atau selepas hujan.
Karena itulah, penggantangan atau lokasi menggantang sangkar burung harus menjadi pertimbangan agar burung Anda tetap sehat, lincah, dan rajin berkicau.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kehangatan burung  selama musim hujan, seperti uraian berikut ini :

Penambahan Exstra Fooding
Yaitu bertujuan untuk menstabilkan birahi burung ocehan agar tetap semangat supaya kegacorannya stabil. Penambahan ekstra fooding  ini dapat anda lakukan dengan pemberian pakan dengan porsi lebih banyak dari biasa.
Berbeda dari jenis burung kicauan seperti murai batu atau kacer yang bisa diberi ulat hongkok atau porsi jangkrik ditambah  supaya tubuh terasa hangat, lovebird dan burung paruh bengkok lainnya bisa diberi pakan racikan berbahan dasar telur rebus atau eggfood.
Eggfood memiliki kandungan protein dan energi tinggi yang bisa menghangatkan tubuh lovebird. Bagaimana cara membuat eggfood, silakan buka arsipnya di sini.
Pakan lain seperti biji kuaci, millet, kangkung, sayuran hijau, dan buah-buahan tetap harus selalu tersedia selama musim hujan, karena dari situlah burung bisa mendapatkan energi dan protein yang dibutuhkan.

Pengaturan Tempat Mandi
Bagi burung ocehan yang ditempatkan dalam sangkar dengan terdapat tempat/bak mandi di dalamnya maka kondisikan air dalam tempat tersebut dikurangi, perkirakan ketika mandi burung tidak leluasa untuk membasahi keseluruhan tubuhnya.

Pengaturan waktu Menjemur
Ketika burung ocehan selesai mandi, lakukan penjemuran secara langsung, hal itu mengurangi kadar air dalam bulu-bulu sehingga kondisi tubuh burung tersebut stabil seperti semula. Di musim penghujan hal yang tidak boleh terlewatkan adalah waktu penjemuran ini karena burung memerlukan pemanasan seimbang terhadap tubuhnya, penjemuran dilakukan dengan mengarahkan ke arah datangnya sinar matahari. Penjemuran dapat dilakukan kurang lebih selama 30 menit.
Penjemuran sangat penting untuk memberikan stamina yang lebih pada burung. Saat musim hujan, sebaiknya waktu penjemuran diperpanjang karena suhu udara di musim hujan relatif lebih rendah.

Pengaturan kondisi dan Penempatan sangkar
Penempatan sangkar saat musim hujan harus diperhatikan dengan baik. Sangkar harus diletakkkan pada tempat yang kering dan lebih hangat daripada biasanya. Sangkar juga harus terhindar dari percikan hujan. Jika terlihat kondisi di luar rumah sangat dingin, letakkan sangkar ditempat yang intensitas kedinginannya rendah. Gunakan kain penutup sangkar (kerodong) untuk menambahi kehangatan. Lakukan hal itu sampai cuaca benar-benar memungkinkan membawa burung ke luar rumah. Fungsi kerodong, selain menjaga burung dari embusan angin yang terlalu dingin di musim hujan, juga menjaga suhu dalam sangkar tetap hangat.

Kebersihan Sangkar
Kebersihan sangkar sangat penting untuk menjaga kesehatan burung. Usahakan untuk selalu membersihakan tempat pakan dan tempat minum burung setiap hari. Jaga pula sangkat agar tetap kering.

Memasang lampu full spektrum
Selama musim hujan, Anda bisa mengganti lampu biasa dengan lampu full spektrum. Lampu ini memiliki suhu warna 5500 K (Kelvin), dan memiliki cahaya yang menyerupai sinar matahari, sehingga baik bagi kesehatan burung terutama di musim hujan.
Sebab pada musim hujan, khususnya mulai awal Januari hingga akhir Februari nanti, intensitas sinar matahari yang menerpa sebagian besar wilayah Indonesia mengalami penurunan. Untuk menjemur burung pun susah. Baru dijemur sebentar, sudah mendung, bahkan turun hujan.
Jadi, ketika cuaca seperti itu, penggunakan lampu full spektrum sangat membantu. Burung kicau bisa disimpan di dalam ruangan dengan penerangan dari lampu tersebut. Lampu ini juga sangat bagus untuk burung kicau yang ditangkarkan, karena bisa membantu burung induk tetap produktif selama musim hujan.

Memperbanyak Nutrisi kompleks kepada burung  selama musim hujan
Selama musim hujan, biasakan burung selalu diberi Nutrisi kompleks untuk burung  agar mekanisme pertahanan tubuhnya tetap berfungsi optimal. Apabila ada dua burung kicau dalam satu rumah, yang satu sakit dan  yang satu lagi sehat, itu akibat mekanisme pertahanan tubuh pada saat muncul serangan penyakit memang berbeda. Burung dengan mekanisme pertahanan tubuh yang optimallah yang tidak tertembus agen-agen penyakit. Anda pun perlu menerapkan kebiasaan memberikan nutrisi yang tepat Nutrisi Burung Juara ORBIRD adalah salah satu pilihan yang tepat untuk menjaga burung tetap Vit, mengandung nutrisi yang tepat untuk burung agar selalu vit, terbebas dari penyakit, tetap sehat, dan suara burung pun tetap GACOR.

Mengatasi Suara Serak
Saat musim hujan kadangkala burung menjadi serak suaranya, bahkan ada yang tidak berbunyi sama sekali. Untuk mengatasinya, dapat menggunakan air putih yang dicampur dengan sedikit garam. Kemudian ditambahkan Nutrisi Burung ORBIRD, Larutan tersebut kemudian diberikan pada burung. Larutan ini sama halnya untuk mengurangi sakit tenggorokan pada manusia.
Itulah beberapa hal penting mengenai perawatan burung kicau dalam cuaca dingin, terutama pada musim hujan seperti sekarang. Lebih baik  bersikap proaktif, daripada reaktif: baru bertindak jika burung terlanjur sakit.  Salam sukses Kicau mania di Nusantara. (diolah dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar