Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Orbird untuk semua jenis Burung Kicau

Apapun jenis burung ada, peliharaan, burung kicau, burung lomba, Orbird akan membantu menjaga kesehatan dan kualitas burung anda. Coba dan Buktikan!!!

Mengapa Harus Beralih ke Nutrisi Burung Kicau "Orbird"

Terbuat 100% dari bahan alami, Mengandung Probiotik, Madu, rempah-rempah, Bebas Kimia, anti VIRUS, dan Ramah Lingkungan

Sembuhkan berbagai penyakit Burung dengan ORBIRD

Ada saatnya Burung Kicau terserang penyakit dan bahkan bisa menyebabkan kematian, Jangan khawatir serahkan semua kepada Orbird untuk mengatasinya.

Ribuan Pecinta Burung telah Merasakan Khasiat ORBIRD

Saatnya Beralih ke Produk unggulan, Nutrisi Burung Juara ORBIRd "TAK TERDANDINGI"

Over Birahi Bikin Breeder Burung Streess para Pemain Lomba Burung Kalah, Bagaimana Solusinya

Pada postingan kali ini, kami akan menjelaskan semua tentang over birahi pada burung kicau. Birahi dipercaya dimiliki semua tubuh yang hidup. Burung kicau merupakan tubuh yang hidup, Baik itu yang masih ada di alam bebas maupun burung kicau yang sahabat pelihara di rumah. Burung yang masih di alam bebas, birahinya muncul secara alami dan dapat diatur oleh burung itu sendiri. Namun pada burung yang dipelihara oleh kicau mania dirumah, birahinya dipengaruhi oleh pakan, suhu dan juga perawatan.

Haloo teman teman kicau mania semua bicara tentang over birahi pada burung pasti kicau mania semua sudah tidak asing lagi dengan kata OVER BIRAHI. Burung yang mengalami kondisi over birahi biasanya menunjukan perilaku aneh dan yang biasanya burung aktif berkicau merdu di pagi hari setelah mengalami over birahi burung jadi macet dan tidak mau berkicau lagi. Lalu apa itu OVER BIRAHI dan bagaimana ciri-ciri burung yang over birahi dan cara mengatasinya. Mari kita bahas sampai tuntas tentang Over Birahi pada burung :

OVER BIRAHI adalah suatu keadaan dimana birahi tidak bisa terkontrol sehingga menjadi berlebihan. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya over birahi ini, diantaranya adalah pakan yang diberikan pada burung kicau baik berupa voer atau EF yang berlebihan. Bisa juga dipengaruhi oleh suhu sekitar dan perawatan yang salah.
Over birahi yang sering terjadi, biasanya terpantau saat dilapangan saat menjelang lomba. Burung yang sudah dipelihara lama tentunya sudah terpantau dan sudah dikenali karakternya oleh Pemiliknya yang setiap hari merawatnya. Pemahaman karakter burung adalah hal yang mutlak harus dimiliki oleh setiap pemilik burung. Manfaat nya akan sangat terasa pada saat di lapangan lomba. Setiap pemilik burung lomba pasti memiliki cara masing – masing untuk memanipulasi birahi burung jagoannya. Setiap burung memiliki karakter yang berbeda – beda, maka setingan cara memanipulasi birahinya pun berbeda – beda juga. Untuk burung yang sudah lama dirawat mungkin tidak terlalu sulit, namun bila burung itu baru kita beli, tentunya anda harus membeli beserta cara setingan birahi burung tersebut. Sang penjual pun harusnya memberikan pengertian tentang karakter dan cara menyeting burung yang dijualnya tersebut.

Penyebab Burung Over Birahi :

Seperti yang sudah kami bilang tadi, birahi burung yang masih di alam bebas jauh berbeda dengan burung yang sudah dipelihara. Burung yang masih di alam bebas, mengatur pola hidup nya sendiri, dia yang menentukan harus makan apa, harus bagaimana untuk menaikan dan menurunkan birahi nya sendiri. Sedangkan burung yang sudah lama dipelihara di rumah, birahi nya tergantung makanan apa yang kita suguhkan untuk dia makan. Karena apapun yang kita berikan, akan dia makan. Porsinya pun tidak bisa diatur dan dikendalikannya. Hanya anda sebagai pemilik nya yang tahu porsi dan kebiasaan burung kesayangan jagoan anda. Setelah anda faham dan mengenali karakter burung anda, tentunya anda faham pakan apa yang anda berikan, pakan harus yang disukai burung, tentunya harus lengkap isi kandungan nutrisi dan gizi nya. Sebanyak apa EF yang anda sajikan, Extra fooding sangat mempengaruhi birahi burung, EF yang diberikan terlalu banyak diberikan akan menyebabkan over birahi pada burung jagoan anda, EF yang kurang diberikan pada burung jagoan anda, birahi burung akan drop, gampang – gampang susah memang, tapi perawatan yang sudah maksimal akan membuat kita lebih percaya diri saat di arena lomba.

Berikut Ciri-Ciri Burung Over Birahi:

Murai Batu
Ciri-cirinya adalah akan mengembangkan sayapnya (ngelowo/ngebatman) jika sedang di adu dengan burung Murai Batu lainnya.

Anis Merah
Ciri-cirinya adalah burung ini jika terlalu over birahi akan selalu meloncat-loncat serta naik turun tangkringan ketika di dalam sangkar dan tidak mau bunyi dengan gaya teler khasnya.

Cendet
Ciri-cirinya adalah jika burung ini akan sering bergerak, biasanya sering meloncat ke kiri dan kanan serta salto.  Kondisi cendet over birahi juga bisa dilihat jika didekatkan dengan lawan akan mengejar-ngejar seperti mau menerkamnya, selain itu juga akan jarang berbunyi karena seringnya meloncat-loncat.

Kacer
Ciri-cirinya, sering melakukan gerakan ke samping sangkar sambil mematuki sangkar, banyak tingkah tetapi tidak mengeluarkan bunyi sama sekali dan akan mengembangkan bulu sehingga terlihat seperti kuda laut atau istilahnya mbagong/mbedesi. Ada juga jika burung ini terlalu birahi akan mencabuti bulu-bulunya.

Cucak Jenggot (Kapas Tembak)
Ciri cirinya, burung kapas tembak / Cucak Jenggot yang sedang dalam kondisi over birahi bisa terlihat dari sifat dan karakternya yang jauh berbeda dari kebiasaan sehari-harinya, seperti jarang berbunyi dan sayapnya selalu diturunkan terkadang dibarengi dengan ngeleper. Jika Cucak jenggot jantan dipertemukan dengan betina atau cewek cucak jenggot maka akan menyerang sambil berbunyi ‘pik pik pik atau cuit cuit’. Sebaliknya burung cucak jenggot betina jika dalam kondisi over birahi maka sayapnya ngeleper sambil berbunyi seperti halnya cucak jenggot jantan yang over birahi

Kenari
Ciri-Cirinya burung Kenari over birahi Ketika berkicau sering mengepak – ngepakan sayapnya, Saat nangkring rajin bunyi sambil bergerak ke kiri- kanan, Bila melihat kenari betina terlihat semakin agresif dan bertengger di bagian jeruji kenari jantan agresif untuk mendekati, Terlihat agresif saat melihat burung sejenis.

Lovebird
Lovebird over birahi Ciri-Cirinya, antara lain Ngeruji, Mbebek, Cabut bulu, Nebok, Gelisah, Gestang.

Cara mengatasi over birahi pada burung kicau lomba

Cara mengatasi over birahi burung kicau tentunya berbeda – beda, beda burung beda pula perawatannya, beda pula setingannya, beda lah cara mengatasi over birahinya juga. Tapi intinya ada di pemberian pakan Extra fooding. Untuk burung kicau yang memakan EF hewani, seperti jangkrik, kroto, UH, cangkilung dsb. Cara mengatasi OB nya yaitu dengan mengurangi jadwal dan porsi pemberiannya EF nya. Begitu pula dengan burung yang memakan EF dedaunan dan biji – bijian, seperti kangkung untuk burung love bird, kurangi jadwal pemberian dan juga porsinya. Cara selanjutnya adalah terapi mandi malam.

Jika semua cara di atas sudah dicoba tapi burung masih over birahi jangan kawatir kami punya solusi buat sahabat kicau semua dengan memberikan FREEZE produk herbal non kimia dari ORBIRD yang berfungsi untuk menurunkan dan menstabilkan birahi pada burung kesayangan anda dijamin aman dan ampuh mengatasi burung over birahi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar